pendidikan

download

Senin, 26 Desember 2011

SK KD IPA SDLB C TUNAGRAHITA RINGAN

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Luar Biasa Tunagrahita Ringan ( SDLB–C) Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam A. Latar Belakang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Di tingkat SDLB diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi pekerja ilmial secara bijaksana. Pembelajaran IPA sebaiknya dilakukan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaan IPA di SDLB menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) IPA di SDLB merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru. B. Tujuan Mata Pelajaran IPA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut. 1. Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya 2. Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari 3. Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, tekologi dan masyarakat 4. Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan 5. Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan 6. Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan 7. Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. C. Ruang Lingkup Ruang lingkup mata pelajaran IPA untuk SDLB meliputi aspek-aspek sebagai berikut. 1. Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan serta kesehatan 2. Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya, meliputi : cair, padat dan gas. 3. Energi dan perubahannya meliputi : gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana 4. Bumi dan alam semesta meliputi : tanah, bumi, tata surya dan benda-benda langit lainnya D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas I, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mahluk hidup dan proses kehidupan 1. Memahami bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara merawatnya 1.1 Mendeskripsikan bagian-bagian anggota tubuh 1.2 Menyebutkan kegunaan dari bagian-bagian anggota tubuh 1.3 Menyebutkan cara merawat anggota tubuh Kelas I, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Benda dan sifatnya 2. Memahami berbagai macam benda dan wujud benda 2.1 Menyebutkan berbagai benda yang ada di sekitarnya 2.2 Menyebutkan berbagai benda padat 2.3 Menyebutkan berbagai benda cair 2.4 Menyebutkan ciri-ciri benda dan sifatnya melalui pengamatan Kelas II, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Energi dan perubahannya 1. Memahami berbagai sumber energi 1.1 Menyebutkan berbagai sumber energi yang ada di lingkungannya 1.2 Menyebutkan manfaat energi terhadap mahluk hidup 1.3 Menyebutkan kegunaan energi dalam kehidupan sehari-hari Kelas II, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Bumi dan alam semesta 2. Memahami berbagai benda di langit 2.1 Menyebutkan benda di langit yang nampak pada siang hari 2.2 Menyebutkan benda di langit yang nampak pada malam hari 2.3 Menyebutkan manfaat benda langit terhadap mahkluk hidup Kelas III, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Makluk hidup dan proses kehidupan 1. Memahami bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan 1.1 Mendeskripsikan bagian-bagian tubuh hewan (kaki, badan, kepala) 1.2 Mendeskripsikan bagian-bagian utama tumbuhan (akar, batang, daun) Kelas III, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Benda dan sifatnya 2. Memahami berbagai bentuk dan kegunaan benda 2.1 Menyebutkan bentuk-bentuk benda yang ada di sekitar 2.2 Menyebutkan kegunaan benda-benda yang ada di sekitar 3. Memahami perubahan-perubahan wujud benda 3.1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat 3.2 Mengidentifikasi ciri-ciri benda cair Kelas IV, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Energi dan perubahannya 1. Memahami sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari 1.1 Mendeskripsikan beberapa sumber energi 1.2 Mendeskripsikan penggunaan beberapa sumber energi dalam kehidupan sehari-hari 1.3 Menyebutkan sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan cara menghematnya Kelas IV, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Bumi dan alam semesta 2. Memahami peristiwa alam dan pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi 2.1 Mendeskripsikan kegunaan sinar matarahai dalam kehidupan sehari-hari 2.2 Mendeskripsikan pengaruh sinar matahari terhadap kehidupan di bumi Kelas V, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Makluk hidup dan proses kehidupannya 1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makluk hidup 1.1 Mendeskripsikan ciri-ciri makluk hidup 12 Mendeskripsikan kebutuhan makluk hidup 2. Memahami pertumbuhan makluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhinya 2.1 Menyebutkan berbagai bentuk pertumbuhan makluk hidup 2.2. Menyebutkan hal-hal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan makluk hidup Kelas V, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Makluk hidup dan proses Kehidupannya 3. Menerapkan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan 3.1 Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan 3.2 Menerapkan cara menjaga kesehatan lingkungan Kelas VI, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Energi dan perubahannya 1. Memahami berbagai cara gerak, sumber energi dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari 1.1 Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan 1.2 Menyebutkan sumber energi yang terdapat di sekitar dan tujuan penggunaannya 1.3 Mendeskripsikan penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari dan cara menghemat energi Kelas VI, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Bumi dan alam semesta 2. Memahami kenampakan permukaan bumi dan langit, cuaca, dan pengaruhnya pada manusia 2.1 Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi (daratan dan sebaran air) 2.2 Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi manusia 2.3 Menyebutkan berbagai cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam E. Arah pengembangan Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

SK KD B INDONESIA SDLB C TUNAGRAHITA RINGAN

Kelas I, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 1. Membedakan bunyi, melakukan sesuatu perintah yang dilisankan, dan mendengarkan dongeng 1.1 Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi bahasa dan melafalkannya dengan benar 1.2 Mendengarkan dan melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana 1.3 Mendengarkan dongeng dan menyebutkan tokoh-tokohnya 2. Memahami intonasi pembacaan puisi anak 2.1 Membedakan intonasi tinggi rendah dan keras lemah 2.2 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai Berbicara 3. Memperkenalkan diri 3.1 Menyebutkan identitas diri (nama, umur, alamat) 3.2 Merangkai identitas diri untuk diinformasikan kepada orang lain dalam kalimat sederhana dan bahasa yang santun. 4. Mengetahui nama dan fungsi anggota tubuh serta benda-benda disekitar 4.1 Menyebutkan nama dan fungsi anggota tubuh 4.2 Menyebutkan benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana Membaca 5. Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana 5.1 Membaca nyaring suku kata dan kata 5.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat Menulis 6. Menulis permulaan 6.1 Menyalin atau mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku 6.2 Menulis-permulaan huruf dan kata Kelas I, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 7. Mendengarkan deskripsi sederhana dan dongeng 7.1 Menyimak deskripsi sederhana tentang benda-benda di sekitar 7.2 Menyebutkan benda yang dideskripsikan 7.3 Menyimak dongeng 7.4 Menjawab pertanyaan sederhana tentang isi dongeng Berbicara 8. Melakukan dialog sederhana tentang diri sendiri dan rasa suka atau tidak suka, serta dialog tokoh dongeng/cerita rakyat 8.1 Membaca teks percakapan sederhana 8.2 Melakukan percakapan sederhana tentang diri sendiri menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai 8.3 Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana 8.4 Mengucapkan dialog sederhana tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang sesuai Membaca 9. Membaca lancar dan membaca puisi anak 9.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata 9.2 Menjawab pertanyaan sederhana 9.3 Membaca puisi anak sederhana yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat 9.4 Menjawab pertanyaan sederhana Menulis 10. Menulis puisi dan kalimat sederhana. 10.1 Menyalin puisi anak yang disediakan oleh guru 10.2 Menulis kalimat sederhana dengan benar dan rapi . Kelas II, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 1. Mendengarkan pembacaan teks pendek dan pembacaan puisi anak 1.1 Mendengarkan pembacaan teks pendek 1.2 Menceritakan kembali isinya dengan menggunakan kata-kata atau kalimat sendiri 1.3 Mendengarkan pembacaan puisi anak 1.4 Menjawab pertanyaan tentang isi puisi Berbicara 2. Bertanya kepada orang yang belum dikenal. 2.1 Menyapa orang yang belum dikenal 2.2 Menanyakan sesuatu kepada orang lain yang belum dikenal dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa 3. Menampilkan cerita dan puisi. 3.1 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain 3.2 Menjawab pertanyaan teman 3.3 Menjawab pertanyaan guru 3.4 Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat. Membaca 4. Memahai bacaan dan puisi anak sederhana 4.1 Membaca lancar teks pendek (3-5 kalimat) 4.2 Menceritakan isi teks 4.3 Membaca puisi anak sederhana 4.4 Menjawab pertanyaan tentang isi puisi Menulis 5. Menampilkan karya sastra 5.1 Menyalin puisi anak yang disediakan guru 5.2 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat atau kalimat singkat Kelas II, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 6. Memahami pesan pendek dan dongeng yang didengar 6.1 Mendengarkan pesan pendek 6.2 Menyampaikan isi pesan kepada orang lain (teman, guru, atau orang tua) 6.3 Mendengarkan dongeng 6.4 Menceritakan isi dongeng dengan kalimat sendiri Berbicara 7. Mendeskripsikan tumbuhan, binatang dan cerita pendek anak 7.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai dengan ciri-cirinya menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain 7.2 Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri Membaca 8. Membaca dengan nyaring teks 8.1 Mendeskripsikan tumbuhan disekitar sesuai ciri-cirinya dengan kalimat yang mudah dipahami orang lain 8.2 Mendeskripsikan binatang disekitar sesuai ciri-cirinya dengan kalimat yang mudah dipahami orang lain 8.3 Menyebut nama binatang atau tumbuhan sesuai dengan deskripsi yang diberikan 9. Membaca dengan nyaring 9.1 Membaca nyaring teks (5-6 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat 9.2 Membuat kalimat tanya yang berkaitan dengan teks Menulis 10. Menulis deskripsi sederhana 10.1 Menulis deskripsi sederhana tentang tumbuhan 10.2 Menulis deskripsi sederhana tentang binatang 11. Menyalin puisi anak 11.1 Menyalin puisi anak sederhana yang disediakan guru 11.2 Menuliskan puisi sederhana yang dibuat sendiri Kelas III, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak 1.1 Mendengarkan dengan santun penjelasan tentang petunjuk, untuk membuat sesuatu 1.2 Melaksanakan kegiatan sesuai dengan petunjuk yang didengar 1.3 Mendengarkan cerita anak dan tanggap terhadap tokoh- tokohnya Berbicara 2. Menceritakan atau menjelaskan sesuatu 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan kalimat sederhana 2.2 Menanggapi cerita teman 2.3 Menjelaskan urutan berbuat sesuatu dengan kalimat yang mudah dipahami 2.4 Mendeskripsikan benda atau seseorang berdasarkan ciri-cirinya dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain 2.5 Memberikan tanggapan terhadap cerita teman 2.6 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan kalimat sederhana Membaca 3. Memahami cara membaca kalimat dan teks lagu sederhana 3.1 Membaca nyaring beberapa kalimat sederhana 3.2 Membaca teks lagu sederhana Menulis 4. Menulis kata dan kalimat sederhana 4.1 Menulis beberapa kata sederhana 4.2 Menulis beberapa kalimat sederhana 4.3 Menulis teks lagu sederhana Kelas III, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 5. Memahami cerita pengalaman 5.1 Mendengarkan cerita pengalaman teman 5.2 Memberikan tanggapan terhadap cerita pengalaman teman Berbicara 6. Melakukan percakapan melalui telepon 6.1 Melakukan percakapan melalui telepon dengan kalimat ringkas 6.2 Menceritakan isi pembicaraan dalam telepon Membaca 7. Menemukan teknik membaca intensif teks sederhana 7.1 Membaca intensif teks agak panjang (sekitar 15-20 kata) 7.2 Menjawab/mengajukan pertanyaan Menulis 8. Menulis karangan dan puisi sederhana 8.1 Menulis karangan tentang suatu topik sederhana 8.2 Menulis puisi berdasarkan pengalaman dengan pilihan kata yang menarik Kelas IV, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 1. Memahami penjelasan tentang petunjuk denah 1.1 Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah 1.2 Menjawab pertanyaan Berbicara 2. Mendeskripsikan tempat sesuai denah dan penjelasan petunjuk penggunaan alat 2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat sederhana 2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang sederhana 2.3 Menjawab pertanyaan Membaca 3. Memahami teks bacaan tentang petunjuk pemakaian, denah, dan teks pendek 3.1 Membaca petunjuk pemakaian sesuatu alat 3.2 Menjawab pertanyaan 3.3 Membacakan denah dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti 3.4 Membaca sekilas teks pendek dan menemukan pikiran pokok Menulis 4. Mengetahui penulisan petunjuk dan penulisan surat 4.1 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan sederhana 4.2 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang sederhana Kelas IV, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 5. Mendengarkan pengumuman 5.1 Mendengarkan pengumuman kemudian menentukan isi dan menyampaikan kembali isinya 5.2 Menjawab pertanyaan isi pengumuman Berbicara 6. Mempraktekkan menyampaikan pesan dari telepon 6.1 Menjawab pertanyaan dalam telpon 6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan Membaca 7. Memahami bacaan tentang teks pengumuman 7.1 Membaca nyaring pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat 7.3 Berbincang tentang isi pengumuman Menulis 8. Menyusun teks pengumuman sederhana 8.1 Menyusun kalimat sederhana berdasarkan bahan yang disediakan guru 8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang komunikatif dengan memperhatikan penggunaan ejaan Kelas V, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 1. Memahami penjelasan narasumber 1.1 Mendengarkan penjelasan dari narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll) 1.2 Memberikan tanggapan dengan memperhatikan santun berbahasa Berbicara 2. Memahami suatu persoalan sederhana 2.1 Menceritakan peristiwa sederhana yang ada di lingkungan sekitar dan media massa 2.2 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa sederhana yang terjadi di lingkungannya/media Membaca 3. Menelaah teks percakapan 3.1 Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat 3.2 Menuliskan isi percakapan dalam beberapa kalimat . Menulis 4. Memahami teknik penulisan karangan sederhana 4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan bantuan gambar 4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll) dengan dengan format/blanko yang tersedia Kelas V, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 5. Memahami cerita tentang peristiwa dan cerita pendek anak 5.1 Mendengarkan cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar 5.2 Mendengarkan cerita pendek anak-anak 5.3 Menanggapi dari berbagai unsur (tokoh, tema, latar, atau amanat) Berbicara 6. Memberikan pendapat tentang persoalan faktual 6.1 Menceritakan persoalan faktual yang dialami 6.2 Menanggapi tentang persoalan faktual Membaca 7. Memahami bacaan sekilas satu teks, membaca memindai teks khusus 7.1 Membaca sekilas teks sederhana 7.2 Membaca memindai untuk menemukan informasi dari sebuah teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll) Menulis 8. Menelaah isi buku, membuat poster 8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan 8.2 Membuat poster dengan bahasa yang sederhana Kelas VI, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 1. Memahami bacaan teks dari cerita anak 1.1 Mendengarkan pembacaan teks. 1.2 Menentukan tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari bacaan Berbicara 2. Menyampaikan informasi dari media, menceritakan hasil pengamatan/kunjungan 2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang sederhana 2.2 Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa sederhana Membaca 3. Memahami laporan dan membaca sekilas kolom khusus 3.1 Membaca intensif laporan hasil pengamatan/kunjungan 3.2 Membaca sekilas informasi dalam kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll) Menulis 4. Memahami berbagai jenis formulir, membuat ringkasan atau meringkas 4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, transfer antarbank ,dll) dengan benar 4.2 Membuat ringkasan sederhana dari teks yang dibaca atau didengar Kelas VI, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 5. Memahami isi drama pendek 5.1 Mendengarkan drama pendek 5.2 Menceritakan isi drama pendek Berbicara 6. Memahami, melaporkan isi buku, dan membaca puisi karya sendiri 6.1 Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat sederhana 6.2 Membaca puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat Membaca 7. Memahami cara-cara membaca intensif dan teks drama 7.1 Membaca intensif teks sederhana dan menemukan makna tersirat 7.2 Membaca teks drama anak-anak dan membahas berbagai unsurnya (tokoh, latar, alur, tema dan atau amanat) Menulis 8. Memahami cara-cara menulis surat sederhana 8.1 Menulis pokok-pokok isi surat 8.2 Menulis surat sederhana dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju E. Arah pengembangan Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

SK KD AGAMA SDLB C TUNAGRAHITA RINGAN

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR LUAR BIASA TUNAGRAHITA RINGAN (SDLB-C) BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN 2006 STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Luar Biasa Tunagrahita Ringan (SDLB-C) Mata pelajaran : Pendidikan Agama Islam A. Latar Belakang Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya untuk mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari bahwa peran agama amat penting bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Pendidikan Agama dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia serta peningkatan potensi spiritual. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan. Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk menghasilkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Pendidikan budi pekerti dimaksudkan agar peserta didik mulai mengenal, meneladani, dan membiasakan perilaku terpuji. Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional, maupun global. Peranan Pendidikan Agama Islam di sekolah dimaksudkan untuk meningkatkan potensi moral dan spiritual yang mencakup pengenalan, pemahaman, penanaman dan pengamalan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetensi sesuai dengan jenjang persekolahan yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri: 1. lebih menitikberatkan pencapaian kompetensi secara utuh selain penguasaan materi; 2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia; 3. memberikan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya pendidikan. Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar dengan mempertimbangkan peserta didik yang berkebutuhan khusus tunadaksa. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak berurutan. Peran orang tua sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam. B. Tujuan Pendidikan Agama Islam di SD/MI/SDLB bertujuan untuk: 1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT; 2. mewujudkan manusia Indonesia berakhlak mulia yaitu manusia yang produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), serta menjaga harmoni secara personal dan sosial. C. Ruang Lingkup Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut. 1. Al Qur’an dan Hadits 2. Aqidah 3. Akhlak 4. Fiqih. Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. D. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Pembelajaran pendidikan agama Islam disesuaikan dengan kondisi peserta didik yang berkebutuhan khusus tunadaksa. Kelas I, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Al Qur’an 1. Melafalkan Al Qur’an surat pendek pilihan 1.1 Menirukan QS Al-Fatihah 1.2 Menirukan kembali lafal QS Al-Fatihah dengan lancar Aqidah 2. Menyebutkan Rukun Iman 2.1 Menunjukkan ciptaan Allah SW 2.2 Menghafal enam Rukun Iman Ahlak 3. Membiasakan perilaku terpuji 3.1 Menunjukkan perilaku jujur 3.2 Menunjukkan perilaku tertib 3.3 Melakukan perilaku tertib Fiqih 4. Mengenal tatacara bersuci (thaharah) 4.1 Menyebutkan pengertian bersuci 4.2 Mencontoh tatacara bersuci Kelas I, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Al Qur’an 5. Melafalkan Al Qur’an surat-surat pendek pilihan 5.1 Mencontoh QS Al Ikhlas 5.2 Menirukan kembali QS Al Ikhlas dengan lancar Aqidah 6. Melafalkan dua kalimat syahadat 6.1 Mencontoh bacaan syahadat tauhid dan syahadat rasul 6.2 Menirukan kembali dua kalimat syahadat Akhlak 7. Membiasakan perilaku terpuji 7.1 Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua dan guru 7.2 Menampilkan adab makan dan minum Fiqih 8. Membiasakan bersuci (thaharah) 8.1 Mencontoh tatacara bersuci 8.2 Mencontoh berwudlu dengan tertib Kelas II, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Al Qur’an 1. Melafalkan Al Qur’an surat-surat pendek pilihan 1.1 Menirukan bacaan QS An-Nasr 1.2 Menirukan bacaan QS Al-'Ashr Aqidah 2. Mengenal Asmaul Husna 2.1 Menirukan bacaan lima dari Asmaul Husna 2.2 Menyebutkan kembali lima dari Asmaul Husna Akhlak 3. Mencontoh perilaku terpuji 3.1 Menunjukkan perilaku rendah hati 3.2 Memberi contoh perilaku hidup sederhana Fiqih 4. Mengenal tatacara wudlu 4.1 Mencontohkan tatacara wudlu 4.2 Menirukan bacaan do’a sesudah wudlu 5. Melafalkan bacaan shalat 5.1 Menirukan bacaan shalat 5.2 Mengucapkan kembali bacaan shalat Kelas II, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Al Qur’an 6. Membaca Al Qur’an surat-surat pendek pilihan 6.1 Menirukan bacaan QS An-Naas 6.2 Melafalkan QS An Naas Aqidah 7. Mengenal Asmaul Husna 7.1 Melafalkan 3 (tiga) dari Asmaul Husna 7.2 Menyebutkan 3 (tiga) dari Asmaul Husna Akhlak 8. Membiasakan perilaku terpuji 8.1 Mencontoh perilaku sopan kepada teman di kelas 8.2 Menampilkan perilaku hormat dan santun kepada guru Fiqih 9. Membiasakan shalat secara tertib 9.1 Mencontoh gerakan shalat 9.2 Mencontoh gerakan shalat secara tertib Kelas III, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Al Qur’an 1. Mengenal huruf-huruf Al Qur’an 1.1 Melafalkan huruf-huruf Al Qur’an dari Alif s.d. Ya 1.2 Melafalkan huruf-huruf Al Qur’an dari Alif s.d. Ya dengan lancar Aqidah 2. Mengenal sifat wajib Allah 2.1 Menyebutkan tiga sifat wajib Allah 2.2 Menyebutkan tiga sifat wajib Allah dengan lancar Akhlak 3. Membiasakan perilaku terpuji 3.1 Menampilkan perilaku tekun 3.2 Menampilkan perilaku hemat Fiqih 4. Melaksanakan shalat dengan tertib 4.1 Melafalkan bacaan shalat 4.2 Menunjukkan keserasian gerakan dengan bacaan shalat Kelas III, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Al Qur’an 5. Mengenal huruf-huruf Al Qur’an 5.1 Melafalkan sendiri huruf Al Qur’an 5.2 Melafalkan huruf Al Qur’an dengan lancar Aqidah 6. Mengenal sifat mustahil Allah 4.1 Menyebutkan dengan lafal yang benar sifat mustahil Allah 4.2 Menyebutkan sifat mustahil Allah dengan lancar Akhlak 7. Membiasakan perilaku terpuji 7.1 Menampilkan perilaku setiakawan di rumah 7.2 Menunjukkan perilaku di sekolah dan masyarakat Fiqih 8. Melakukan shalat fardhu 8.1 Mengucapkan kembali tatacara shalat fardhu 8.2 Menunjukkan tatacara shalat fardhu Kelas IV, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Al Qur’an 1. Membacal ayat-ayat Al Qur’an 1.1 Mengucapkan kembali ayat-ayat pendek Al Qur’an 1.2 Mengucapkan kembali ayat-ayat pendek Al Qur’an dengan lancar Aqidah 2. Mengenal sifat jaiz Allah SWT 2.1 Menyebutkan 3 (tiga) sifat jaiz Allah SWT 2.2 Menyebutkan 3 (tiga) sifat jaiz Allah SWT dengan lancar Akhlak 3. Mengenal perilaku terpuji 3.1 Mendengarkan cerita kelahiran Nabi Muhammad SAW 3.2 Mendengarkan cerita perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW Fiqih 4. Mengenal ketentuan-ketentuan shalat 4.1 Menyebutkan rukun shalat 4.2 Menyebutkan rukun shalat dengan lancar Kelas IV, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Al Qur’an 5. Membaca Al Qur’an surat-surat pendek pilihan 5.1 Melafalkan QS Al Lahab 5.2 Melafalkan QS Al Lahab dengan lancar Aqidah 6. Mengenal Malaikat dan tugasnya 6.1 Menyebutkan 5 (lima) nama Malaikat dengan berurutan 6.2 Menyebutkan 5 (lima) nama Malaikat dengan lancar Akhlak 7. Membiasakan perilaku terpuji 7.1 Mendengarkan kisah Nabi Ibrahim AS 7.2 Menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS Fiqih 8. Melaksanakan dzikir dan do’a 8.1 Melakukan dzikir setelah shalat 8.2 Membaca do’a setelah shalat Kelas V, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Al Qur’an 1. Membaca Al Qur’an surat-surat pendek pilihan 1.1 Menirukan kembali QS Al Ma’un 1.2 Melafalkan sendiri QS Al Ma’un dengan lancar Aqidah 2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT 2.1 Menyebutkan nama kitab-kitab Allah 2.2 Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT Akhlak 3. Membiasakan perilaku terpuji 3.1 Mendengarkan kisah Nabi Ayub A.S 3.2 Meneladani kesabaran Nabi Ayub A.S Fiqih 4. Mengenal adzan dan iqamah 4.1 Menghafal lafal adzan dan iqamah 4.2 Mengumandangkan adzan dan iqamah Kelas V, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Al Qur’an 5. Menghafal Al Quran surat-surat pendek pilihan 5.1 Membaca QS At-Takatsur 5.2 Menghafal QS At-Takatsur dengan lancar Aqidah 6. Mengenal Rasul- Rasul Allah SWT 6.1 Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT 6.2 Menyebutkan nama-nama Ulul azmi dari para Rasul Akhlak 7. Membiasakan perilaku terpuji 7.1 Mendengarkan kisah Umar bin Khattab 7.2 Meneladani perilaku disiplin Umar bin Khattab Fiqih 8. Mengenal puasa wajib 8.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan sederhana puasa Ramadhan 8.2 Melakukan puasa Ramadhan Kelas VI, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Al Qur’an 1. Mengenal isi Al Qur’an surat-surat pendek pilihan 1.1 Membaca dengan fasih QS Al-Fatihah dan QS Al Ikhlas 1.2 Menghafal QS Al-Fatihah dan QS Al Ikhlas dengan lancar Aqidah 2. Meyakini adanya Hari Akhir 2.1 Menyebutkan nama-nama Hari Akhir 2.2 Menyebutkan tanda-tanda Hari Akhir Akhlak 3. Menghindari perilaku tercela 3.1 Mendengarkan kisah Abu Lahab 3.2 Menghindari perilaku dengki seperti kisah Abu Lahab Fiqih 4. Mengenal puasa sunat 4.1 Menyebutkan nama-nama puasa sunat 4.2 Melakukan puasa sunat Kelas VI, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Al Qur’an 5. Mengenal Al Quran surat-surat pendek pilihan 5.1 Membaca QS An-Nashr dan QS Al-Ashr 5.2 Membaca dengan fasih QS An-Nashr dan QS Al-‘Ashr Aqidah 6. Meyakini adanya Qadha dan Qadar 6.1 Menyebutkan arti Qadha dan Qadar 6.2 Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar Akhlak 7. Membiasakan perilaku terpuji 7.1 Mendengarkan kisah Nabi Ibrahim AS 7.2 Meneladani perilaku silaturahmi Nabi Ibrahim A.S Fiqih 8. Mengetahui kewajiban zakat 8.1 Menyebutkan macam-macam zakat 8.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah E. Arah Pengembangan Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.