STANDAR KOMPETENSI
DAN KOMPETENSI DASAR
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
SEKOLAH DASAR LUAR BIASA
TUNARUNGU
(SDLB-B)
BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
2006
49. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu (SDLB-B)
A. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang disusun dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi dan diberikan mulai dari SDLB sampai SMALB. Pada satuan pendidikan SDLB mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memuat kajian manusia, tempat dan lingkungan, sistem sosial dan budaya, perilaku ekonomi dan kesejahteraan, serta waktu, Keberlanjutan dan Perubahan. Melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), peserta didik diarahkan, dibimbing, dan dibantu untuk menjadi warga negara Indonesia dan warga dunia yang efektif.
Menjadi warga negara Indonesia dan warga dunia yang fungsional akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karenanya, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dirancang untuk membangun dan membina peserta didik dalam memasuki kehidupan bermasyarakat pada masa yang akan datang yang selalu berubah dan berkembang secara terus menerus.
Pada hakikatnya Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menjadi suatu mata pelajaran yang dapat mengantarkan peserta didik untuk dapat menjawab masalah-masalah mendasar tentang individu, masyarakat, pranata sosial, problem sosial, perubahan sosial, dan kehidupan masyarakat berbangsa, dari waktu ke waktu.
Peserta didik diharapkan akan dapat menjawab pertanyaan tersebut di atas melalui substansi Ilmu Pengetahuan Sosial yang telah dirancang secara sistematis dan komprehensif. Dengan demikian, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diperlukan bagi peserta didik dalam proses menuju kedewasaan dan mencapai keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat di kelak kemudian hari. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.
B. Tujuan
Mata Pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengenal konsep-konsep yang penting dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungannya
2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kreatif, ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3. Memiliki kemampuan dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan, serta berkebangsaan
4. Mampu berkomunikasi, bekerja sama, dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, baik secara lokal, nasional maupun global.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek aspek sebagai berikut.
1. Manusia, Tempat, dan Lingkungan
2. Sistem Sosial dan Budaya
3. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan
4. Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |
1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam keluarga | 1.1 | Mengungkapkan identitas diri, keluarga, dan kerabat |
1.2 | Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga | |
1.3 | Memberi contoh hidup rukun dalam keluarga |
Kelas I, Semester 2
Standar kompetensi | Kompetensi Dasar | |
2. Mendeskripsikan lingkungan rumah | 2.1 | Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga |
2.2 | Menceritakan letak rumahnya | |
2.3 | Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah |
Kelas II, Semester 1 | | ||||
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||||
1. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | 1.1 | Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | |||
1.2 | Menunjukkan dokumen dan koleksi benda berharga miliknya sebagai sumber belajar | ||||
Kelas II, Semester 2 | | |||
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |||
2. Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga | 2.1 | Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga | ||
2.2 | Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga | |||
2.3 | Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga | |||
Kelas III, Semester 1 | |||
| |||
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
1. Mengenal lingkungan di sekitar rumah dan sekolah. | 1.1 | Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. | |
1.2 | Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah |
Kelas III, Semester 2 | |||
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang. | 2.1 | Menjelaskan jenis-jenis pekerjaan | |
2.2 | Menceritakan manfaat kerja dalam kehidupan | ||
2.3 | Menceritakan kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah | ||
2.4 | Menggunakan uang sesuai dengan kebutuhannya |
Kelas IV, Semester 1 | | ||||
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||||
1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/ | 1.1 | Membaca peta/atlas/globe tentang lingkungan setempat (kabupaten/ | |||
1.2 | Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi dari peta/atlas/globe | ||||
1.3 | Menceritakan kembali jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat | ||||
1.4 | Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/ kota, provinsi) | ||||
1.5 | Menghargai berbagai peninggalan sejarah setempat dan menjaga kelestariannya | ||||
Kelas IV, Semester 2 | | |||
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |||
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kema-juan teknologi di lingkungan kabupaten /kota dan provinsi | 2.1 Mengidentifikasi aktivitas ekonomi yang terkait dengan pemmanfaatan alam dan potensi kekhasan daerah | |||
2.2 Menceritakan pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat | ||||
2.3 Mendiskripsikan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi | ||||
| 2.4 Menceritakan pengalaman menggunakan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi | |||
Kelas V Semester 1 | | ||||
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||||
1. Menghargai kejayaan masa lalu, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di | 1.1 | Mengenal kejayaan dan peninggalan Hindu-Budha pada masa Sriwijaya dan Majapahit serta Islam pada masa Mataram, Kutai, Demak di Nusantara | |||
1.2 | Mengidentifikasi keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya | ||||
1.3 | Mengenal keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia | ||||
1.4 | Mendeskripsikan jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia | ||||
Kelas V, Semester 2 | | |||
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |||
2. Menghargai perjuangan bangsa | 2.1 | Mengenal para tokoh daerah dalam perjuangan melawan penjajah | ||
2.2 | Mendeskripsikan munculnya Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda dalam perjuangan menuju kemerdekaan | |||
2.3 | Mendeskripsikan peristiwa di sekitar proklamasi kemerdekaan dan perjuangan mempertahankan kemerdekaan | |||
Kelas VI, Semester 1 | | ||
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
1. Memahami perkembangan pengelolaan wilayah | 1.1 | Mendeskripsikan pembagian dunia atas benua-benua | |
1.2 | Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga | ||
1.3 | Mendiskripsikan perkembangan pengelolaan wilayah | ||
Kelas VI, Semester 2 | | |||
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |||
2. Memahami peranan bangsa Indonesia di era global | 2.1 | Mengidentifikasi aktivitas ekonomi antar bangsa | ||
2.2 | Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia | |||
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar