Sabtu, 29 September 2012

SK KD IPA SMPLB C



STANDAR KOMPETENSI
DAN KOMPETENSI DASAR

ILMU PENGETAHUAN ALAM

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
LUAR BIASA
TUNAGRAHITA RINGAN
(SMPLB-C)


BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
2006






STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
 
Satuan Pendidikan        : Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunagrahita Ringan  (SMPLB-C)
Mata Pelajaran                      :  Ilmu Pengetahuan Alam



A.     Latar Belakang

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.

IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Di tingkat SMPLB diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi pekerja ilmiah secara bijaksana.

Pembelajaran IPA sebaiknya dilakukan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaan IPA di SMPLB menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah

Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) IPA di SMPLB merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru.       

















B.   Tujuan
Mata Pelajaran IPA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
2.      Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.      Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, tekologi dan masyarakat
4.      Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
5.      Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan
6.      Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7.      Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

C.  Ruang Lingkup
                         
Ruang lingkup mata pelajaran IPA untuk SMPLB meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1.Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan serta kesehatan
2.Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya, meliputi : cair, padat, dan gas.
3.Eenergi dan perubahannya meliputi : gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana
4.Bumi dan alam semesta meliputi : tanah, bumi, tata surya dan benda-benda langit lainnya




                                                    

























D.     Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar

Kelas     VII, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

1.   Menguraikan kaitan antara struktur alat/organ tubuh manusia dan fungsinya serta pemeliharaannya




1.1     Mendeskripsikan kaitan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

1.2     Menerapkan cara-cara memelihara kesehatan tubuh

1.3     Mendeskripsikan kaitan antara struktur panca indera dengan fungsinya

1.4           Menerapkan cara-cara memelihara kesehatan pancaindera

Benda dan Sifatnya

2.   Memahami bentuk dan wujud benda serta kegunaannya

2.1     Menunjukkan tiap wujud benda (padat, cair)     memiliki sifat tertentu disekitarnya

2.2     Mendeskripsikan  terjadinya perubahan wujud (cair→padat→cair; cair→gas →cair; padat→  gas)


Kelas     VII, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Makhluk hidup dan proses kehidupan

3.   Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya



3.1       Menyebutkan jenis makanan hewan

3.2     Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya


4.   Mengenal beragam jenis makhluk hidup

4.1     Menyebutkan beragam jenis makhluk hidup

4.2           Mendeskripsikan daur hidup beberapa macam hewan

4.3      Mendeskripsikan daur hidup beberapa macam tumbuhan

Energi dan Perubahannya

5.   Memahami pengaruh energi                    dalam kehidupan sehari-hari



5.1     Mengumpulkan informasi tentang pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari

5.2     Menerapkan pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari

Kelas   VIII, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

1.   Mengenal fungsi beberapa organ tubuh manusia dan hewan




1.1     Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia dan beberapa hewan

1.2     Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan kaitannya dengan makanan dan kesehatan manusia

1.3           Mengidentifikasi mengenali gangguan pada organ-organ tubuh serta cara perawatannya

Energi dan Perubahannya

2.   Memahami bahwa gaya dapat mengubah gerak atau bentuk suatu benda, berbagai bentuk energi panas dan bunyi serta sifat-sifatnya



2.1     Melakukan percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda

2.2     Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya

2.3     Menerapkan konsep bunyi, misalnya pada alat-alat musik


Kelas     VIII,  Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

3.   Memahami cara tumbuhan  membuat makanan







3.1     Mendeskripsikan cara tumbuhan membuat makanan

3.2     Mendeskripsikan secara sederhana bahwa manusia dan hewan membutuhkan tumbuhan  sebagai sumber makanan

Bumi dan Alam Semesta

4.   Memahami perubahan yang terjadi di alam dan mengaitkannya dengan penggunaan sumber daya alam.

4.1     Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan

4.2     Membandingkan jenis-jenis tanah

4.3     Mendeskripsikan perlunya penghematan air

4.4     Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan

4.5     Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat merubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan,dsb)



Kelas IX,  Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

1.   Memahami kaitan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya




1.1     Mengidentifikasi ciri khusus beberapa jenis hewan yang memungkinkan tinggal di lingkungan tertentu (kucing, ayam, bebek)

1.2     Mengidentifikasi hubungan ciri khusus beberapa tumbuhan dan lingkungan hidupnya


2.   Mengenal beberapa cara perkembangbiakan makhluk hidup


2.1     Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia

2.2     Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan

2.3     Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan

2.4     Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan

Benda dan Sifatnya
3.   Memahami keterkaitan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda

3.1           Mendeskripsikan keterkaitan antara suhu dengan kehidupan sehari-hari

3.2           Mengidentifikasi keterkaitan antara sifat hantaran dan kegunaan benda dalam kehidupan sehari-hari

4.   Memahami faktor penyebab perubahan benda
4.1     Menjelaskan berdasarkan contoh bahwa perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) dipengaruhi oleh berbagai faktor

4.2     Mengidentifikasi faktor yang menentukan dalam pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari







Kelas  IX, Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Energi dan Perubahannya

5.   Menunjukkan kesadaran akan pentingnya penghematan energi



5.1     Mendeskripsikan bagaimana cara menghasilkan energi listrik

5.2     Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan cara penghematannya

5.3     Membuat karya/model sederhana yang menggunakan energi listrik (misalnya senter)


E.   Arah Pengembangan

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian. 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar