pendidikan

download

Jumat, 01 Juli 2011

profil slb muhammadiyah bayongbong garut

PROFIL SEKOLAH























SEKOLAH LUAR BIASA MUHAMMADIYAH BAYONGBONG GARUT




















ALAMAT : JL. RAYA BAYONGBONG NO.45 B DESA BAYONGBONG
KECAMATAN BAYONGBONG KABUPATEN GARUT







A. IDENTITAS SEKOLAH

Nama Penyelenggaraan
/Yayasan : Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bayongbong Garut
Akta Notaris : Nomor 81 / 1912
Nama Sekolah : SLB MUHAMMADIYAH BAYONGBONG GARUIT
Status : Swasta
NSS : 80 202 1115001
NSPN : 20258194
Alamat : Jalan Raya Bayongbong No.45 B
Desa : Bayongbong
Kecamatan : Bayongbong
Kabupaten : Garut
Kode Pos : 44162
Telepon : (0262) 543125
Web Site / Blog : slbmuhammadiyahbayongbonggarut.blogspot.com
E-mail : slbmuhammadiyahbayongbonggarut@gmail.com
Berdiri : 17 Juli 2002
Ijin Operasional : No.421.9/599/Disdik/2003
Status Akreditasi : Terakreditasi B Basnas SK No.02.000/101/BAS/2006
Luas Wilayah : 750 m2
Nama Kepala Sekolah : Drs. Ate Suwandi, M.Pd
Nama Pimpinan
Majelis Dikdasmen : Mardidi Sugeng
Nama Ketua Komite
Sekolah : Edi Suparman












B. SEJARAH SLB MUHAMMADIYAH BAYONGBONG GARUT

Berawal dari program Kasubdin PLB tahun 2002 yang waktu itu dijabat oleh Ibu Euis Karwati, beliau menginginkan berdirinya sebuah SLB pada setiap kecamatan agar bisa menampung ABK yang berada di pedesaan. Untuk itu seorang guru PNS dari SLBN-B Garut yang bernama Drs. Ate Suwandi datang bersama guru honor yang berdomisili di Bayongbong yang bernama Imas Masitoh,S.Pd kepada Ketua Majelis Pendidikan dan Menengah Muhammadiyah Bayongbong dengan maksud mendirikan sebuah SLB di bawah naungan Yayasan Muhammadiyah. Maksud baik diterima dengan tangan terbuka dengan diberi kesempatan untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar di sebuah sekolah Diniyah yang merupakan milik Muhammadiyah juga, dengan waktu jam belajar pagi dengan jumlah siswa 6 orang dan jumlah guru 3 orang.
Tidak lama dari berdirinya SLB tersebut, izin operasional turun pada tahun 2003, legallah SLB Muhammadiyah di hadapan pemerintah. Setahun kemudian, SLB Muhammadiyah diberi bantuan dua ruang kelas baru yang beralamat di Jl Raya Bayongbong no 45B. Sejak tahun ajaran 2003/2004 KBM di laksanakan di tempat tersebut sampai dengan sakarang mempunyai lima ruang bangunan yang di gunakan sabagai kantor dan kelas juga mempunyai kolam dan ruang keterampilan.Sampai saat ini SLB Muhammadiyah Bayongbong 64 murid,6 guru PNS dan 17 guru honor,TU dan caraka.
Dengan dukungan dari yayasan dan dedikasi serta loyalitas dari civitas akademik SLB Muhammadiyah Bayongbong sampai saat ini berdiri tegak siap menyongsong masa depan dan membantu anak berkebutuhan khusus menjadikan mereka anak yang di akui keberadaannya di masyarakat sebagai manusia mandiri. Kami segenap civitas SLB Muhammadiyah Bayongbong siap memberikan layanan prima untuk anak-anak berkebutuhan khusus tanpa melihat status

C. VISI DAN MISI SLB MUHAMMADIYAH BAYONGBONG GARUT

Visi
Dengan dilandasi iman dan taqwa SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut menjadi lembaga pendidikan khusus terunggul dalam bidang perikanan dan perkayuan melalui pembelajaran keterampilan yang berorientasi kecakapan hidup di Kabupaten Garut Tahun 2015.

Misi
Untuk mewujudkan visi sekolah ditetapkan misi sekolah sebagai berikut:
1. Mengembangkan layanan pembelajaran berbasis iman dan taqwa serta berakhlak mulia
2. Mengembangkan pendidikan yang berbasis Keterampilan perikanan dan perkayuan
3. Mengembangkan potensi yang dimiliki anak sesuai bakat dan minat secara optimal
4. Menyiapkan sarana dan prasarana yang mampu mewujudkan lulusan yang memiliki
keunggulan dibidang keterampilan perikanan dan perkayuan
5. Menyiapkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional
6. Menghasilkan peseta didik yang terampil sdehingga menjadi mandiri dan memiliki jiwa
kewirausahaan sehingga bisa hidup layak di masyarakat

TUJUAN
Pendidikan khusus yang diselenggarakan pada SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut adalah bertujuan meletakkan dasar-dasar perkembangan sikap, pengetahuan dasar dan perkembangan potensi peserta didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sesuai dengan tingkat kelainan yang disandangnya
Dalam proses pendidikan dan pembelajarannya Lembaga Pendidikan memiliki kegiatan yang diarahkan untuk mencapai keunggulan komparatif dan dinampakkan melalui :
1. Para peserta didik mendapatkan pembinaan dalam pengembangan ilmu, moral, budi pekerti, iman, sosial, dan ketrampilan secara memadai.
2. Para peserta didik menunjukkan perkembangan yang nyata dalam ilmu, watak, budi pekerti luhur dan potensi serta bakat yang lain secara memadai.
3. Para peserta didik berkemampuan untuk mengadakan sosialisasi/integrasi dengan masyarakat pada umumnya secara wajar.

Strategi Lembaga Pendidikan
Untuk mencapai visi, misi dan sasaran diperlukan strategi. Strategi-strategi tersebut meliputi :
Bidang Sumber Daya Manusia (SDM)
• Tenaga pengajar berkualifikasi D2 (SGPLB), S1, PLB serta berpengalaman dalam bidangnya masing-masing.
• Adanya pembinaan rutin bagi tenaga pengajar, baik IPTEK maupun mental, spiritual

D. PELAYANAN PENDIDIKAN
PELAYANAN PENDIDIKAN DI SLB MUHAMMADIYAH BAYONGBONG GARUT
1. Pelayanan Pendidikan Berdasarkan Jenis Kelainan Anak
Pelayanan pendidikan yang ada di SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut sesuai dengan jenis kelainan anak adalah :
a. Pelayanan Pendidikan bagi Anak Tunarungu
b. Pelayanan Pendidikan bagi Anak Tunagrahita
c. Pelayanan pendidikan bagi Anak Tunadaksa
d. Pelayanan Pendidikan bagi Anak Autis


Pelayanan Pendidikan tersebut diberikan untuk tingkat TKLB (Taman Kanak-kanak Luar Biasa ) sampai dengan SMALB (Sekolah Menengah Atas Luar Biasa ).
Pelayanan pendidikan di SLB disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak. Oleh karena itu pelayanan pendidikan yang diberikan kepada mereka agak berbeda dengan pelayanan pendidikan di Sekolah Umum.
Khusus anak Autis Model Layanan Pendidikan yang diterapkan di SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut, adalah sebagai berikut :
Layanan pendidikan bagi anak autis di SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan anak. Bentuk layanan pendidikan bagi anak autis yang sedang diterapkan di SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut terdiri atas :
1. Layanan Pendidikan Awal
Layanan pendidikan awal ini terdiri atas program Intervensi dini dan program terapi penunjang.
• Program Intervensi dini
Program intervensi dini yang telah dan sedang diterapkan di SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut antara lain ; menerapkan program Descrete Trial Training ( DTT ) dari Lovaas, dkk, 1997. Program DTT adalah program individu yang berdasarkan kekurangan pada anak ( Child’s Dificits )
• Program Terapi Penunjang
Program terapi penunjang bagi anak autis yang diberikan di SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan anak
Adapun program terapi penunjang antara lain :
1. Terapi wicara
2. Terapi Okupasi
3. Terapi bermain
4. Terapi mediamentosa / obat – obatan ( Drug therapy)
5. Sensori Integration Therapy : untuk anak-anak yang mengalami gangguan pada sensoriknya.
2. Kelas Transisi
Kelas ini ditujukan untuk anak yang berkebutuhan khusus yang memerlukan layanan khusus termasuk anak autis yang telah diterapi secara terpadu dan terstruktur.
Program ini bertujuan membantu anak-anak autis dalam mempersiapkan transisi ke bentuk layanan pendidikan terpadu.
Kelas transisi ini sistem pengajarannya menggunakan acuan kurikulum SD yang berlaku yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhannya.

E. PELAYANAN PENDIDIKAN KETERAMPILAN
Dalam upaya memberikan bekal keterampilan terhadap anak-anak didik , SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut menyediakan beberapa jenis keterampilan yang dapat diikuti. Sehingga masing-masing anak dapat memilih jenis keterampilan yang sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. Jenis-jenis keterampilan yang telah tersedia antara lain :

1.KETERAMPILAN PERIKANAN
Keterampilan otomotif diberikan kepada anak-anak SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut bertujuan agar siswa dapat melakukan budi daya ikan.
Untuk menunjang keterampilan tersebut Di SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut telah tersedia kolam beserta peralatan yang lengkap


2. KETERAMPILAN PERTUKANGAN
Keterampilan pertukangan yang diberikan bagi anak-anak SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut bukanlah semata-mata mencetak siswa menjadi tukang pengrajin tetapi tujuan utamanya adalah memberikan bekal pengetahuan di bidang pertukangan sehingga mereka siap untuk terjun di tengah-tengah masyarakat, atau dapat pula digunakan sebagai bekal apabila mereka tidak dapat melanjutkan pendidikannya.
Contoh kegiatan keterampilan pertukangan ini adalah mengenal dan mampu menggunakan alat-alat pertukangan kayu antara lain : gergaji, ketam, meteran, alat siku-siku, bor kayu, pahat kayu dan sebagainya. Barang – barang yang dihasilkan dari keterampilan pertukangan ini misalnya membuat meja dan kursi, mengukir papan nama,membuat pintu, jendela dan sebagainya.
Untuk menunjang keterampilan pertukangan ini SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut juga telah mempunyai ruangan khusus beserta alat-alatnya yang lengkap.


3. KETERAMPILAN TATA BUSANA
Tujuan utama dalam memberikan Keterampilan Tata Busana bagi anak-anak SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut Timur adalah memberikan bekal pada mereka dalam menguasai tata cara menjahit minimal tingkat dasar. Misalnya dapat mengetahui nama alat-alat mean menjahit, dan lain-lain. Selain itu sudah ada beberapa guru yang mengikuti pelatihan-pelatihan keterampilan menjahit yang diadakan oleh BPG SLB


4. KETERAMPILAN TATA BOGA
Keterampilan Tata Boga yang diberikan kepada anak-anak SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut bertujuan agar siswa dapat menggunakan alat-alat masak dengan benar misalnya menggunakan mixer, blinder, dan dapat memasak menu-menu yang sederhana misalnya menanak nasi, menggoreng lauk pauk, memasak sayur, membuat kue, dan sebagainya sehingga kelak mereka dapat hidup mandiri tanpa harus menggantungkan kepada orang lain.
Untuk menunjang keterampilan ini di SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut telah tersedia ruangan khusus tata boga beserta peralatan , seperti alat untuk membuat kue, alat untuk memasak masakan, peralatan makan dan lain-lain. Selain itu sudah ada beberapa guru yang mengikuti pelatihan-pelatihan keterampilan tata boga yang diadakan oleh BPG SLB


5. pembuatan telur Asin

6. Komputer

7. Elektronika


8. KETERAMPILAN RUMAH TANGGA LAINNYA
Selain keterampilan- keterampilan yang telah disebutkan di atas SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut juga mengajarkan keterampilan- keterampilan lain seperti :
• Membuat barang-barang dari manik-manik seperti tempat minum, tas, gantungan kunci, kalung, tasbih dan lain-lain.
• Membuat bermacam-macam bunga dari sedotan (misalnya Bunga mawar, bunga matahari, bunga seruni, bunga anggrek dan sebagainya)


Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan utama keterampilan yang diberikan kepada anak-anak didik di SLB Pembina Propinsi Kalimantan Timur adalah agar siswa mampu mandiri ketika mereka harus terjun di tengah-tengah masyarakat serta menumbuhkan rasa percaya diri pada mereka, sehingga siswa mampu berkreativitas sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya.


F. DATA JUMLAH GURU, KARYAWAN DAN SISWA

1 Jumlah Guru : L P Jumlah
a. P N S 2 3 64 orang
b. Guru Sukwan 5 orang

2 Jumlah Tenaga TU L P Jumlah
a. TU PNS
b. TU Sukwan

3 Jumlah Penjaga Sekolah L P Jumlah
a. PNS
b. Sukwan
Jumlah

DATA SISWA
Jumlah Siswa L P Jumlah
1 TKLB 3 5 8
2 SDLB 25 15 40
3 SMPLB 8 2 10
4 SMALB 3 3 6
Jumlah 39 25 64

G. SARANA DAN PRASARANA SLB MUHAMMADIYAH BAYONGBONG GARUT
• Gedung Sekolah

• Ruang Kepala Sekolah

• Ruang Guru dan Tamu

• Ruang Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama (BKPBI)
• Ruang Perpustakaan Guru dan Murid

• Ruang UKS

• Tempat Bermain

• Lapangan Olahraga

• Dapur

• Tempat Ibadah


• Ruang Tata Usaha

• Ruang Menjahit

• Ruang Keterampilan Perkayuan

• Kolam Untuk Keterampilan Perikanan




• Tempat Tunggu Orang Tua Murid


• Kantin Sekolah

F. PRESTASI SISWA DAN GURU
SISWA
NO PRESTASI NAMA JENIS KEGIATAN PENYELENGGARA TAHUN
1 Juara I
Lempar Bola Softball Sisaw SLB Hendra Lomba Kompetensi PK dan PLK Tingkat Prov.Jabar Disdik Jabar 2008
2 Juara Harapan III
Matematika Putra SDLB/SDSD Inklusi Redi S Lomba Kreativitas Hasil Belajar, Seni dan Olah Raga Siswa PK/PLK Tingkat Prov.Jabar Disdik Jabar 2009
3 Juara III
Matematika Putra SDLB/SDSD Inklusi Redi S Lomba Kreativitas Hasil Belajar, Seni dan Olah Raga Siswa PK/PLK Tingkat Prov.Jabar Disdik Jabar 2010
GURU
NO PRESTASI NAMA JENIS KEGIATAN PENYELENGGARA TAHUN
1
2
3
4
5
6
7
8



G. KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN SLB MUHAMMADIYAH
BAYONGBONG GARUT

Kurikulum SLB Muhammadiyah Bayongbong Garut
Kurikulum SLB Muhammadiyah Bayongbong adalah sebagai berikut dimana peserta didik akan memperoleh :
1. Bidang kekhususan yaitu dengan memberikan treatment Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama (BKPBI), Auditory Verbal dan Bina Wicara secara kontinyu dan konsisten, Bina Diri dan Bina Gerak
2. Bidang pengembangan keterampilan vokasional :Tata boga, Tata busana, Elektronika, Perikanan, Komputer, Perkayuan, pembuatan telur Asin. Mulai dari produk sampai pada pemasarannya.
3. Bidang Pengembangan Budi Pekerti (mental spiritual) meliputi :
1. Kegiatan kepramukaan
2. Kerohanian
4. Budi Pekerti
5. Widyawisata, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar