pendidikan

download

Senin, 26 Desember 2011

SK KD B INDONESIA SDLB C TUNAGRAHITA RINGAN

Kelas I, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 1. Membedakan bunyi, melakukan sesuatu perintah yang dilisankan, dan mendengarkan dongeng 1.1 Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi bahasa dan melafalkannya dengan benar 1.2 Mendengarkan dan melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana 1.3 Mendengarkan dongeng dan menyebutkan tokoh-tokohnya 2. Memahami intonasi pembacaan puisi anak 2.1 Membedakan intonasi tinggi rendah dan keras lemah 2.2 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai Berbicara 3. Memperkenalkan diri 3.1 Menyebutkan identitas diri (nama, umur, alamat) 3.2 Merangkai identitas diri untuk diinformasikan kepada orang lain dalam kalimat sederhana dan bahasa yang santun. 4. Mengetahui nama dan fungsi anggota tubuh serta benda-benda disekitar 4.1 Menyebutkan nama dan fungsi anggota tubuh 4.2 Menyebutkan benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana Membaca 5. Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana 5.1 Membaca nyaring suku kata dan kata 5.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat Menulis 6. Menulis permulaan 6.1 Menyalin atau mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku 6.2 Menulis-permulaan huruf dan kata Kelas I, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 7. Mendengarkan deskripsi sederhana dan dongeng 7.1 Menyimak deskripsi sederhana tentang benda-benda di sekitar 7.2 Menyebutkan benda yang dideskripsikan 7.3 Menyimak dongeng 7.4 Menjawab pertanyaan sederhana tentang isi dongeng Berbicara 8. Melakukan dialog sederhana tentang diri sendiri dan rasa suka atau tidak suka, serta dialog tokoh dongeng/cerita rakyat 8.1 Membaca teks percakapan sederhana 8.2 Melakukan percakapan sederhana tentang diri sendiri menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai 8.3 Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana 8.4 Mengucapkan dialog sederhana tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang sesuai Membaca 9. Membaca lancar dan membaca puisi anak 9.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata 9.2 Menjawab pertanyaan sederhana 9.3 Membaca puisi anak sederhana yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat 9.4 Menjawab pertanyaan sederhana Menulis 10. Menulis puisi dan kalimat sederhana. 10.1 Menyalin puisi anak yang disediakan oleh guru 10.2 Menulis kalimat sederhana dengan benar dan rapi . Kelas II, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 1. Mendengarkan pembacaan teks pendek dan pembacaan puisi anak 1.1 Mendengarkan pembacaan teks pendek 1.2 Menceritakan kembali isinya dengan menggunakan kata-kata atau kalimat sendiri 1.3 Mendengarkan pembacaan puisi anak 1.4 Menjawab pertanyaan tentang isi puisi Berbicara 2. Bertanya kepada orang yang belum dikenal. 2.1 Menyapa orang yang belum dikenal 2.2 Menanyakan sesuatu kepada orang lain yang belum dikenal dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa 3. Menampilkan cerita dan puisi. 3.1 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain 3.2 Menjawab pertanyaan teman 3.3 Menjawab pertanyaan guru 3.4 Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat. Membaca 4. Memahai bacaan dan puisi anak sederhana 4.1 Membaca lancar teks pendek (3-5 kalimat) 4.2 Menceritakan isi teks 4.3 Membaca puisi anak sederhana 4.4 Menjawab pertanyaan tentang isi puisi Menulis 5. Menampilkan karya sastra 5.1 Menyalin puisi anak yang disediakan guru 5.2 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat atau kalimat singkat Kelas II, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 6. Memahami pesan pendek dan dongeng yang didengar 6.1 Mendengarkan pesan pendek 6.2 Menyampaikan isi pesan kepada orang lain (teman, guru, atau orang tua) 6.3 Mendengarkan dongeng 6.4 Menceritakan isi dongeng dengan kalimat sendiri Berbicara 7. Mendeskripsikan tumbuhan, binatang dan cerita pendek anak 7.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai dengan ciri-cirinya menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain 7.2 Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri Membaca 8. Membaca dengan nyaring teks 8.1 Mendeskripsikan tumbuhan disekitar sesuai ciri-cirinya dengan kalimat yang mudah dipahami orang lain 8.2 Mendeskripsikan binatang disekitar sesuai ciri-cirinya dengan kalimat yang mudah dipahami orang lain 8.3 Menyebut nama binatang atau tumbuhan sesuai dengan deskripsi yang diberikan 9. Membaca dengan nyaring 9.1 Membaca nyaring teks (5-6 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat 9.2 Membuat kalimat tanya yang berkaitan dengan teks Menulis 10. Menulis deskripsi sederhana 10.1 Menulis deskripsi sederhana tentang tumbuhan 10.2 Menulis deskripsi sederhana tentang binatang 11. Menyalin puisi anak 11.1 Menyalin puisi anak sederhana yang disediakan guru 11.2 Menuliskan puisi sederhana yang dibuat sendiri Kelas III, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak 1.1 Mendengarkan dengan santun penjelasan tentang petunjuk, untuk membuat sesuatu 1.2 Melaksanakan kegiatan sesuai dengan petunjuk yang didengar 1.3 Mendengarkan cerita anak dan tanggap terhadap tokoh- tokohnya Berbicara 2. Menceritakan atau menjelaskan sesuatu 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan kalimat sederhana 2.2 Menanggapi cerita teman 2.3 Menjelaskan urutan berbuat sesuatu dengan kalimat yang mudah dipahami 2.4 Mendeskripsikan benda atau seseorang berdasarkan ciri-cirinya dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain 2.5 Memberikan tanggapan terhadap cerita teman 2.6 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan kalimat sederhana Membaca 3. Memahami cara membaca kalimat dan teks lagu sederhana 3.1 Membaca nyaring beberapa kalimat sederhana 3.2 Membaca teks lagu sederhana Menulis 4. Menulis kata dan kalimat sederhana 4.1 Menulis beberapa kata sederhana 4.2 Menulis beberapa kalimat sederhana 4.3 Menulis teks lagu sederhana Kelas III, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 5. Memahami cerita pengalaman 5.1 Mendengarkan cerita pengalaman teman 5.2 Memberikan tanggapan terhadap cerita pengalaman teman Berbicara 6. Melakukan percakapan melalui telepon 6.1 Melakukan percakapan melalui telepon dengan kalimat ringkas 6.2 Menceritakan isi pembicaraan dalam telepon Membaca 7. Menemukan teknik membaca intensif teks sederhana 7.1 Membaca intensif teks agak panjang (sekitar 15-20 kata) 7.2 Menjawab/mengajukan pertanyaan Menulis 8. Menulis karangan dan puisi sederhana 8.1 Menulis karangan tentang suatu topik sederhana 8.2 Menulis puisi berdasarkan pengalaman dengan pilihan kata yang menarik Kelas IV, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 1. Memahami penjelasan tentang petunjuk denah 1.1 Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah 1.2 Menjawab pertanyaan Berbicara 2. Mendeskripsikan tempat sesuai denah dan penjelasan petunjuk penggunaan alat 2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat sederhana 2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang sederhana 2.3 Menjawab pertanyaan Membaca 3. Memahami teks bacaan tentang petunjuk pemakaian, denah, dan teks pendek 3.1 Membaca petunjuk pemakaian sesuatu alat 3.2 Menjawab pertanyaan 3.3 Membacakan denah dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti 3.4 Membaca sekilas teks pendek dan menemukan pikiran pokok Menulis 4. Mengetahui penulisan petunjuk dan penulisan surat 4.1 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan sederhana 4.2 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang sederhana Kelas IV, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 5. Mendengarkan pengumuman 5.1 Mendengarkan pengumuman kemudian menentukan isi dan menyampaikan kembali isinya 5.2 Menjawab pertanyaan isi pengumuman Berbicara 6. Mempraktekkan menyampaikan pesan dari telepon 6.1 Menjawab pertanyaan dalam telpon 6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan Membaca 7. Memahami bacaan tentang teks pengumuman 7.1 Membaca nyaring pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat 7.3 Berbincang tentang isi pengumuman Menulis 8. Menyusun teks pengumuman sederhana 8.1 Menyusun kalimat sederhana berdasarkan bahan yang disediakan guru 8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang komunikatif dengan memperhatikan penggunaan ejaan Kelas V, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 1. Memahami penjelasan narasumber 1.1 Mendengarkan penjelasan dari narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll) 1.2 Memberikan tanggapan dengan memperhatikan santun berbahasa Berbicara 2. Memahami suatu persoalan sederhana 2.1 Menceritakan peristiwa sederhana yang ada di lingkungan sekitar dan media massa 2.2 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa sederhana yang terjadi di lingkungannya/media Membaca 3. Menelaah teks percakapan 3.1 Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat 3.2 Menuliskan isi percakapan dalam beberapa kalimat . Menulis 4. Memahami teknik penulisan karangan sederhana 4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan bantuan gambar 4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll) dengan dengan format/blanko yang tersedia Kelas V, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 5. Memahami cerita tentang peristiwa dan cerita pendek anak 5.1 Mendengarkan cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar 5.2 Mendengarkan cerita pendek anak-anak 5.3 Menanggapi dari berbagai unsur (tokoh, tema, latar, atau amanat) Berbicara 6. Memberikan pendapat tentang persoalan faktual 6.1 Menceritakan persoalan faktual yang dialami 6.2 Menanggapi tentang persoalan faktual Membaca 7. Memahami bacaan sekilas satu teks, membaca memindai teks khusus 7.1 Membaca sekilas teks sederhana 7.2 Membaca memindai untuk menemukan informasi dari sebuah teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll) Menulis 8. Menelaah isi buku, membuat poster 8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan 8.2 Membuat poster dengan bahasa yang sederhana Kelas VI, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 1. Memahami bacaan teks dari cerita anak 1.1 Mendengarkan pembacaan teks. 1.2 Menentukan tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari bacaan Berbicara 2. Menyampaikan informasi dari media, menceritakan hasil pengamatan/kunjungan 2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang sederhana 2.2 Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa sederhana Membaca 3. Memahami laporan dan membaca sekilas kolom khusus 3.1 Membaca intensif laporan hasil pengamatan/kunjungan 3.2 Membaca sekilas informasi dalam kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll) Menulis 4. Memahami berbagai jenis formulir, membuat ringkasan atau meringkas 4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, transfer antarbank ,dll) dengan benar 4.2 Membuat ringkasan sederhana dari teks yang dibaca atau didengar Kelas VI, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan 5. Memahami isi drama pendek 5.1 Mendengarkan drama pendek 5.2 Menceritakan isi drama pendek Berbicara 6. Memahami, melaporkan isi buku, dan membaca puisi karya sendiri 6.1 Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat sederhana 6.2 Membaca puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat Membaca 7. Memahami cara-cara membaca intensif dan teks drama 7.1 Membaca intensif teks sederhana dan menemukan makna tersirat 7.2 Membaca teks drama anak-anak dan membahas berbagai unsurnya (tokoh, latar, alur, tema dan atau amanat) Menulis 8. Memahami cara-cara menulis surat sederhana 8.1 Menulis pokok-pokok isi surat 8.2 Menulis surat sederhana dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju E. Arah pengembangan Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar