pendidikan

download

Senin, 26 Desember 2011

SK KD IPA SDLB C TUNAGRAHITA RINGAN

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Luar Biasa Tunagrahita Ringan ( SDLB–C) Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam A. Latar Belakang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Di tingkat SDLB diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi pekerja ilmial secara bijaksana. Pembelajaran IPA sebaiknya dilakukan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaan IPA di SDLB menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) IPA di SDLB merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru. B. Tujuan Mata Pelajaran IPA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut. 1. Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya 2. Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari 3. Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, tekologi dan masyarakat 4. Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan 5. Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan 6. Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan 7. Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. C. Ruang Lingkup Ruang lingkup mata pelajaran IPA untuk SDLB meliputi aspek-aspek sebagai berikut. 1. Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan serta kesehatan 2. Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya, meliputi : cair, padat dan gas. 3. Energi dan perubahannya meliputi : gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana 4. Bumi dan alam semesta meliputi : tanah, bumi, tata surya dan benda-benda langit lainnya D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas I, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Mahluk hidup dan proses kehidupan 1. Memahami bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara merawatnya 1.1 Mendeskripsikan bagian-bagian anggota tubuh 1.2 Menyebutkan kegunaan dari bagian-bagian anggota tubuh 1.3 Menyebutkan cara merawat anggota tubuh Kelas I, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Benda dan sifatnya 2. Memahami berbagai macam benda dan wujud benda 2.1 Menyebutkan berbagai benda yang ada di sekitarnya 2.2 Menyebutkan berbagai benda padat 2.3 Menyebutkan berbagai benda cair 2.4 Menyebutkan ciri-ciri benda dan sifatnya melalui pengamatan Kelas II, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Energi dan perubahannya 1. Memahami berbagai sumber energi 1.1 Menyebutkan berbagai sumber energi yang ada di lingkungannya 1.2 Menyebutkan manfaat energi terhadap mahluk hidup 1.3 Menyebutkan kegunaan energi dalam kehidupan sehari-hari Kelas II, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Bumi dan alam semesta 2. Memahami berbagai benda di langit 2.1 Menyebutkan benda di langit yang nampak pada siang hari 2.2 Menyebutkan benda di langit yang nampak pada malam hari 2.3 Menyebutkan manfaat benda langit terhadap mahkluk hidup Kelas III, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Makluk hidup dan proses kehidupan 1. Memahami bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan 1.1 Mendeskripsikan bagian-bagian tubuh hewan (kaki, badan, kepala) 1.2 Mendeskripsikan bagian-bagian utama tumbuhan (akar, batang, daun) Kelas III, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Benda dan sifatnya 2. Memahami berbagai bentuk dan kegunaan benda 2.1 Menyebutkan bentuk-bentuk benda yang ada di sekitar 2.2 Menyebutkan kegunaan benda-benda yang ada di sekitar 3. Memahami perubahan-perubahan wujud benda 3.1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat 3.2 Mengidentifikasi ciri-ciri benda cair Kelas IV, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Energi dan perubahannya 1. Memahami sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari 1.1 Mendeskripsikan beberapa sumber energi 1.2 Mendeskripsikan penggunaan beberapa sumber energi dalam kehidupan sehari-hari 1.3 Menyebutkan sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan cara menghematnya Kelas IV, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Bumi dan alam semesta 2. Memahami peristiwa alam dan pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi 2.1 Mendeskripsikan kegunaan sinar matarahai dalam kehidupan sehari-hari 2.2 Mendeskripsikan pengaruh sinar matahari terhadap kehidupan di bumi Kelas V, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Makluk hidup dan proses kehidupannya 1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makluk hidup 1.1 Mendeskripsikan ciri-ciri makluk hidup 12 Mendeskripsikan kebutuhan makluk hidup 2. Memahami pertumbuhan makluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhinya 2.1 Menyebutkan berbagai bentuk pertumbuhan makluk hidup 2.2. Menyebutkan hal-hal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan makluk hidup Kelas V, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Makluk hidup dan proses Kehidupannya 3. Menerapkan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan 3.1 Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan 3.2 Menerapkan cara menjaga kesehatan lingkungan Kelas VI, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Energi dan perubahannya 1. Memahami berbagai cara gerak, sumber energi dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari 1.1 Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan 1.2 Menyebutkan sumber energi yang terdapat di sekitar dan tujuan penggunaannya 1.3 Mendeskripsikan penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari dan cara menghemat energi Kelas VI, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Bumi dan alam semesta 2. Memahami kenampakan permukaan bumi dan langit, cuaca, dan pengaruhnya pada manusia 2.1 Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi (daratan dan sebaran air) 2.2 Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi manusia 2.3 Menyebutkan berbagai cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam E. Arah pengembangan Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar