Senin, 26 Desember 2011
SK KD AGAMA SDLB C TUNAGRAHITA RINGAN
STANDAR KOMPETENSI
DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH DASAR LUAR BIASA
TUNAGRAHITA RINGAN
(SDLB-C)
BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
2006
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Luar Biasa Tunagrahita Ringan (SDLB-C)
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Islam
A. Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya untuk mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari bahwa peran agama amat penting bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia serta peningkatan potensi spiritual. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk menghasilkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Pendidikan budi pekerti dimaksudkan agar peserta didik mulai mengenal, meneladani, dan membiasakan perilaku terpuji.
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional, maupun global. Peranan Pendidikan Agama Islam di sekolah dimaksudkan untuk meningkatkan potensi moral dan spiritual yang mencakup pengenalan, pemahaman, penanaman dan pengamalan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetensi sesuai dengan jenjang persekolahan yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:
1. lebih menitikberatkan pencapaian kompetensi secara utuh selain penguasaan materi;
2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
3. memberikan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya pendidikan.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar dengan mempertimbangkan peserta didik yang berkebutuhan khusus tunadaksa. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak berurutan. Peran orang tua sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SD/MI/SDLB bertujuan untuk:
1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2. mewujudkan manusia Indonesia berakhlak mulia yaitu manusia yang produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), serta menjaga harmoni secara personal dan sosial.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Al Qur’an dan Hadits
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih.
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
D. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Pembelajaran pendidikan agama Islam disesuaikan dengan kondisi peserta didik yang berkebutuhan khusus tunadaksa.
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Melafalkan Al Qur’an surat pendek pilihan 1.1 Menirukan QS Al-Fatihah
1.2 Menirukan kembali lafal QS Al-Fatihah dengan lancar
Aqidah
2. Menyebutkan Rukun Iman 2.1 Menunjukkan ciptaan Allah SW
2.2 Menghafal enam Rukun Iman
Ahlak
3. Membiasakan perilaku terpuji 3.1 Menunjukkan perilaku jujur
3.2 Menunjukkan perilaku tertib
3.3 Melakukan perilaku tertib
Fiqih
4. Mengenal tatacara bersuci (thaharah) 4.1 Menyebutkan pengertian bersuci
4.2 Mencontoh tatacara bersuci
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
5. Melafalkan Al Qur’an surat-surat pendek pilihan 5.1 Mencontoh QS Al Ikhlas
5.2 Menirukan kembali QS Al Ikhlas dengan lancar
Aqidah
6. Melafalkan dua kalimat syahadat
6.1 Mencontoh bacaan syahadat tauhid dan syahadat rasul
6.2 Menirukan kembali dua kalimat syahadat
Akhlak
7. Membiasakan perilaku terpuji
7.1 Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua dan guru
7.2 Menampilkan adab makan dan minum
Fiqih
8. Membiasakan bersuci (thaharah)
8.1 Mencontoh tatacara bersuci
8.2 Mencontoh berwudlu dengan tertib
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Melafalkan Al Qur’an surat-surat pendek pilihan
1.1 Menirukan bacaan QS An-Nasr
1.2 Menirukan bacaan QS Al-'Ashr
Aqidah
2. Mengenal Asmaul Husna
2.1 Menirukan bacaan lima dari Asmaul Husna
2.2 Menyebutkan kembali lima dari Asmaul Husna
Akhlak
3. Mencontoh perilaku terpuji
3.1 Menunjukkan perilaku rendah hati
3.2 Memberi contoh perilaku hidup sederhana
Fiqih
4. Mengenal tatacara wudlu
4.1 Mencontohkan tatacara wudlu
4.2 Menirukan bacaan do’a sesudah wudlu
5. Melafalkan bacaan shalat 5.1 Menirukan bacaan shalat
5.2 Mengucapkan kembali bacaan shalat
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
6. Membaca Al Qur’an surat-surat pendek pilihan
6.1 Menirukan bacaan QS An-Naas
6.2 Melafalkan QS An Naas
Aqidah
7. Mengenal Asmaul Husna
7.1 Melafalkan 3 (tiga) dari Asmaul Husna
7.2 Menyebutkan 3 (tiga) dari Asmaul Husna
Akhlak
8. Membiasakan perilaku terpuji
8.1 Mencontoh perilaku sopan kepada teman di kelas
8.2 Menampilkan perilaku hormat dan santun kepada guru
Fiqih
9. Membiasakan shalat secara tertib
9.1 Mencontoh gerakan shalat
9.2 Mencontoh gerakan shalat secara tertib
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Mengenal huruf-huruf Al Qur’an
1.1 Melafalkan huruf-huruf Al Qur’an dari Alif s.d. Ya
1.2 Melafalkan huruf-huruf Al Qur’an dari Alif s.d. Ya dengan lancar
Aqidah
2. Mengenal sifat wajib Allah
2.1 Menyebutkan tiga sifat wajib Allah
2.2 Menyebutkan tiga sifat wajib Allah dengan lancar
Akhlak
3. Membiasakan perilaku terpuji
3.1 Menampilkan perilaku tekun
3.2 Menampilkan perilaku hemat
Fiqih
4. Melaksanakan shalat dengan tertib
4.1 Melafalkan bacaan shalat
4.2 Menunjukkan keserasian gerakan dengan bacaan shalat
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
5. Mengenal huruf-huruf Al Qur’an
5.1 Melafalkan sendiri huruf Al Qur’an
5.2 Melafalkan huruf Al Qur’an dengan lancar
Aqidah
6. Mengenal sifat mustahil Allah
4.1 Menyebutkan dengan lafal yang benar sifat mustahil Allah
4.2 Menyebutkan sifat mustahil Allah dengan lancar
Akhlak
7. Membiasakan perilaku terpuji
7.1 Menampilkan perilaku setiakawan di rumah
7.2 Menunjukkan perilaku di sekolah dan masyarakat
Fiqih
8. Melakukan shalat fardhu
8.1 Mengucapkan kembali tatacara shalat fardhu
8.2 Menunjukkan tatacara shalat fardhu
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Membacal ayat-ayat Al Qur’an
1.1 Mengucapkan kembali ayat-ayat pendek Al Qur’an
1.2 Mengucapkan kembali ayat-ayat pendek Al Qur’an dengan lancar
Aqidah
2. Mengenal sifat jaiz Allah SWT
2.1 Menyebutkan 3 (tiga) sifat jaiz Allah SWT
2.2 Menyebutkan 3 (tiga) sifat jaiz Allah SWT dengan lancar
Akhlak
3. Mengenal perilaku terpuji
3.1 Mendengarkan cerita kelahiran Nabi Muhammad SAW
3.2 Mendengarkan cerita perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
Fiqih
4. Mengenal ketentuan-ketentuan shalat
4.1 Menyebutkan rukun shalat
4.2 Menyebutkan rukun shalat dengan lancar
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
5. Membaca Al Qur’an surat-surat pendek pilihan
5.1 Melafalkan QS Al Lahab
5.2 Melafalkan QS Al Lahab dengan lancar
Aqidah
6. Mengenal Malaikat dan tugasnya
6.1 Menyebutkan 5 (lima) nama Malaikat dengan berurutan
6.2 Menyebutkan 5 (lima) nama Malaikat dengan lancar
Akhlak
7. Membiasakan perilaku terpuji
7.1 Mendengarkan kisah Nabi Ibrahim AS
7.2 Menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS
Fiqih
8. Melaksanakan dzikir dan do’a
8.1 Melakukan dzikir setelah shalat
8.2 Membaca do’a setelah shalat
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Membaca Al Qur’an surat-surat pendek pilihan
1.1 Menirukan kembali QS Al Ma’un
1.2 Melafalkan sendiri QS Al Ma’un dengan lancar
Aqidah
2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT
2.1 Menyebutkan nama kitab-kitab Allah
2.2 Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
Akhlak
3. Membiasakan perilaku terpuji
3.1 Mendengarkan kisah Nabi Ayub A.S
3.2 Meneladani kesabaran Nabi Ayub A.S
Fiqih
4. Mengenal adzan dan iqamah
4.1 Menghafal lafal adzan dan iqamah
4.2 Mengumandangkan adzan dan iqamah
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
5. Menghafal Al Quran surat-surat pendek pilihan
5.1 Membaca QS At-Takatsur
5.2 Menghafal QS At-Takatsur dengan lancar
Aqidah
6. Mengenal Rasul- Rasul Allah SWT
6.1 Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
6.2 Menyebutkan nama-nama Ulul azmi dari para Rasul
Akhlak
7. Membiasakan perilaku terpuji
7.1 Mendengarkan kisah Umar bin Khattab
7.2 Meneladani perilaku disiplin Umar bin Khattab
Fiqih
8. Mengenal puasa wajib
8.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan sederhana puasa Ramadhan
8.2 Melakukan puasa Ramadhan
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Mengenal isi Al Qur’an surat-surat pendek pilihan
1.1 Membaca dengan fasih QS Al-Fatihah dan QS Al Ikhlas
1.2 Menghafal QS Al-Fatihah dan QS Al Ikhlas dengan lancar
Aqidah
2. Meyakini adanya Hari Akhir
2.1 Menyebutkan nama-nama Hari Akhir
2.2 Menyebutkan tanda-tanda Hari Akhir
Akhlak
3. Menghindari perilaku tercela
3.1 Mendengarkan kisah Abu Lahab
3.2 Menghindari perilaku dengki seperti kisah Abu Lahab
Fiqih
4. Mengenal puasa sunat
4.1 Menyebutkan nama-nama puasa sunat
4.2 Melakukan puasa sunat
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
5. Mengenal Al Quran surat-surat pendek pilihan
5.1 Membaca QS An-Nashr dan QS Al-Ashr
5.2 Membaca dengan fasih QS An-Nashr dan QS Al-‘Ashr
Aqidah
6. Meyakini adanya Qadha dan Qadar
6.1 Menyebutkan arti Qadha dan Qadar
6.2 Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar
Akhlak
7. Membiasakan perilaku terpuji
7.1 Mendengarkan kisah Nabi Ibrahim AS
7.2 Meneladani perilaku silaturahmi Nabi Ibrahim A.S
Fiqih
8. Mengetahui kewajiban zakat
8.1 Menyebutkan macam-macam zakat
8.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar